Kamis, 26 Januari 2017

Hati Hati Bahaya Merkuri Saat Mengkonsumsi Sup Sirip Hiu

Hati Hati Bahaya Merkuri Saat Mengkonsumsi Sup Sirip Hiu.- Konsumsi daging hiu bisa mencapai 15.000 kilogram saat perayaan Imlek. 

Kepercayaan akan khasiat hiu yang baik untuk kesehatan, ditambah menu ini kerap dijadikan barometer kesuksesan seseorang, membuat permintaan daging dan sirip ikan hiu sulit dibendung.

Menu dengan bahan ikan hiu yang paling sering disajikan adalah sup. Mungkin terasa enak, tapi sebenarnya makan sup sirip ikan hiu sama saja dengan menyantap sup berisi merkuri.

Dalam diskusi "Menghilangkan Hiu dari Menu Imlek", Koordinator Konservasi Ikan Hiu dari World Fund Indonesia, Ariyoga Gautama mengatakan, berdasarkan jurnal kesehatan baik dari dalam negeri maupun luar negeri, disebutkan bahwa merkuri dengan jumlah sangat besar yang berasal dari ikan hiu bisa menyebabkan masalah kesehatan serius.

"Bisa kelainan saraf, dan pada ibu hamil bisa mengalami kelainan saat lahir," kata Gautama ditulis Kamis (26/1/2017)

Merkuri pada ikan hiu merupakan akumulasi dari ikan-ikan kecil yang dikonsumsi. Kandungan merkuri pada satu ikan saja sebesar 0,01 mg, bagaimana jika yang masuk ke dalam ikan hiu lebih dari 100 atau bahkan 1.000 ekor?

"Karena hiu itu berada di atas, jadi akumulasi logamnya tinggi," ujarnya.

Dari segi kandungan gizi, lanjutnya, ikan hiu berada di bawahnya ikan tuna dan udang.

Itulah informasi yang bisa kami sampaikan, semoga informasi yang kami sampaikan bisa bermanfaat untuk anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar